Tugas Akhir BAB I Komputerisasi Sistem Persediaan Barang

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Umum

Semakin berkembangnya dunia usaha akan semakin meningkatkan perkembangan munculnya berbagai perusahaan, baik perusahaan dagang maupun perusahaan jasa. Hal ini akan menimbulkan tingkat persaingan yang semakin ketat, sehingga mengharuskan manajemen perusahaan mengambil kebijakan-kebijakan agar perusahaan dapat tetap bertahan dalam persaingan. Tanpa adanya kebijakan dan pengendalian manajemen yang memadai, suatu perusahaan akan sulit untuk menjalankan usahannya, dan hanya perusahaan yang dapat melaksanakan strategi yang telah ditetapkan yang akan dapat bertahan dalam persaingan, serta mempunyai kesempatan untuk berkembang lebih baik.

Seiring dengan persaingan yang semakin ketat, maka dibutuhkan sikap profesional manajemen dalam mengelola perusahaan, salah satunya adalah pengelolaan persediaan barang. Persediaan barang merupakan salah satu aktivitas kerja yang sangat penting bagi perkembangan perusahaan dagang, karena persediaan barang merupakan unsur utama dalam bidang perdagangan. Sedikit saja terdapat kesalahan informasi persediaan dan penumpukan barang di gudang, hal ini pasti akan sangat berpengaruh pada kegiatan usaha perusahaan.

Dapat dibayangkan betapa sulitnya apabila pengelolaan persediaan barang masih dilakukan secara manual. Selain sulit dalam mengontrol persediaan, pengelolaan secara manual juga akan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini mencerminkan kinerja yang tidak efisien. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi. Perkembangan teknologi saat ini sangat memberi dukungan bagi kemajuan sistem pengolahan data pada perusahaan, terutama pemanfaatan teknologi yang berbasis komputer. Komputer sebagai salah satu sarana yang dapat digunakan sebagai pengolah data dan informasi memungkinkan user (perusahaan) melakukan pengolahan data-data secara cepat serta menghasilkan output (informasi) yang dibutuhkan secara cepat pula.

Selain itu, komputer juga membantu user dalam hal penyimpanan data dalam jumlah yang besar. User tidak perlu takut lagi dengan masalah penyimpanan data atau dokumen yang sering memerlukan tempat yang cukup besar. Sebab masalah ini dapat dipecahkan dengan adanya komputer. Komputer yang sudah dilengkapi dengan jaringan memungkinkan adanya transfer data secara jarak jauh. Hal ini sangat membantu perusahaan yang mempunyai banyak cabang. Cabang-cabang dituntut dapat mengakses data secara valid dan update agar tidak terjadi miscommunication antar cabang. Komputer mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia kerja. Banyak perusahaan yang sangat tergantung dengan keberadaan komputer. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak dalam distribusi barang. Penggunaan sistem komputer dalam dunia usaha sangat membantu sebuah pengolahan data, sehingga proses penyajian laporan dapat dilakukan secara cepat, tepat, efisien waktu, dan  meminimalkan lambatnya informasi. Hal ini akan memudahkan pihak manajemen dalam mengambil keputusan.

Komputerisasi dalam sistem persediaan barang memegang peranan penting dalam perusahaan, dimana sistem ini digunakan untuk mengetahui transaksi keluar masuknya barang, serta untuk memeriksa persediaan yang ada. Di samping itu, dengan adanya sistem persediaan barang diharapkan tidak akan terjadi penumpukan barang yang terlalu lama dalam gudang atau pembelian barang yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk memilih judul: ”Komputerisasi Sistem Persediaan Barang Pada PT. XYZ”.

1.2. Maksud dan Tujuan

Adapun Maksud dan tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah :

1. Untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat dan diperoleh selama mengikuti perkuliahan di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer.

2. Memberikan sumbangan pikiran dalam rangka untuk memudahkan dalam melakukan pengarsipan dokumen.

3. Untuk lebih mempermudah bagian pembukuan dalam mencatat dan mengolah data yang ada agar lebih efisien dan efektif. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah sebagai salah satu syarat kelulusan pada Program Diploma Tiga ( D.III ) Jurusan Akademi Manajemen Informatika Bina Sarana Informatika ( AMIK BSI ) Jakarta.

1.3. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :

1. Metode Observasi

Yaitu mengumpulkan data dengan cara mengamati langsung sistem persediaan barang yang sudah berjalan pada PT XYZ. Dari observasi ini diharapkan penulis dapat mengetahui permasalahan pokok yang dihadapi perusahaan dalam sistem persediaan barang.

2. Metode Wawancara

Wawancara dilakukan dengan staf-staf perusahaan, dengan bagian administrasi, gudang dan sales. Dari wawancara ini diharapkan dapat diperoleh penjelasan lebih rinci mengenai sistem persediaan barang yang sedang berjalan.

3. Metode Studi Pustaka

Studi kepustakaan digunakan sebagai penunjang landasan teori yang ada dalam penulisan Tugas Akhir ini agar diperoleh hasil yang optimal. Studi kepustakaan dilakukan untuk mengumpulkan data atau keterangan dengan cara membaca berbagai macam buku literatur maupun artikel yang ditulis oleh para ahli yang berhubungan dengan masalah yang diteliti untuk mendapatkan landasan serta pengertian secara teoritis dan mendalam.

1.4. Ruang Lingkup

Masalah yang akan dibahas dalam penulisan Tugas Akhir ini dibatasi, dimulai dari proses pemesanan barang, proses pengeluaran barang, rekapitulasi stock sampai dengan pembuatan laporan.

1.5. Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan pembaca dalam memahami dari Tugas Akhir ini, maka penulis membagi secara sistematis isi Tugas Akhir ini ke dalam lima bab yang saling berhubungan. Sistematika Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini membahas tentang gambaran umum, maksud dan tujuan penulisan, metode penelitian, ruang lingkup dan sistematika penulisan. Dari bab ini diharapkan akan diperoleh gambaran umum mengenai masalah yang akan dibahas pada penulisan Tugas Akhir ini.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini membahas mengenai landasan teori dan konsep dasar yang berhubungaan yang akan dibahas, antara lain Konsep dasar sistem yang meliputi Definisi sistem, karakteristik sistem, klasifikasi sistem, informasi, sistem informasi. Peralatan Pendukung (Tools System) yang meliputi Diagram alir data, dan kamus data

BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN

Bab ini membahas tentang gambaran umum analisa sistem berjalan, tinjauan perusahaan, prosedur sistem berjalan, diagram alir data sistem 6 berjalan, kamus data, spesifikasi sistem berjalan, permasalahan pokok, alternatif pemecahan masalah. Tinjauan perusahaan yang meliputi sejarah perusahaan, struktur organisasi, dan fungsinya. Spesifikasi sistem berjalan yang meliputi spesifikasi bentuk dokumen masukan dan spesifikasi bentuk dokumen keluaran.

BAB IV RANCANGAN SISTEM USULAN

Bab ini membahas tentang gambaran umum rancangan sistem berjalan, prosedur sistem usulan, diagram alir data sistem usulan, kamus data sistem usulan, spesifikasi rancangan sistem usulan, spesifikasi sistem komputer, dan jadwal implementasi. Spesifikasi rancangan sistem usulan yang meliputi bentuk dokumen masukan, dokumen keluaran, normalisasi file, spesifikasi file, struktur kode, dan spesifikasi program. Spesifikasi sistem komputer yang meliputi gambaran spesifikasi sistem secara umum, perangkat keras, perangkat lunak, dan konfigurasi sistem komputer.

BAB V PENUTUP

Pada bab terakhir dari laporan Tugas Akhir ini, penulis memberikan kesimpulan dari Tugas akhir yang telah disusun dan juga saran yang diharapkan berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: